PENGUKUHAN PUSAT INFORMASI & KONSELING MAHASISWA
PENGUKUHAN PUSAT INFORMASI & KONSELING MAHASISWA
STMIK PRINGSEWU
– Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-Mahasiswa) adalah suatu
wadah kegiatan program KKB yang dikelola dari, oleh dan untuk mahasiswa
guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang KEPENDUDUKAN
DAN Keluarga Berencana termasuk Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi
Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.
PIK
Mahasiswa adalah nama generik. Untuk menampung kebutuhan program PKBR
dan menarik minat mahasiswa datang ke PIK Mahasiswa, nama generik ini
dapat dikembangkan dengan nama-nama yang sesuai dengan kebutuhan program
dan selera mahasiswa setempat.
Tujuan umum dari
PIK Mahasiswa adalah dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas
pelayanan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi mahasiswa.
Sedangkan tujuan khususnya antara lain: 1) membentuk Pusat Informasi dan
Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa) di kampus; 2) meningkatkan Pusat
Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa) dari tahap Tumbuh
menjadi tahap tegak dan tahap Tegar; serta 3) Mengembangkan Pusat
Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa) sebagai pusat unggulan
(center of excellence).
Ruang lingkup PIK
Mahasiswa meliputi aspek-aspek kegiatan pemberian informasi PKBR, TRIAD
KRR (Seksualitas, Npsza, HIV dan AIDS), Pendewasaan Usia Perkawinan,
Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling, rujukan,
pengembangan jaringan dan dukungan, serta kegiatan-kegiatan pendukung
lainnya sesuai dengan ciri dan minat mahasiswa.
Pengelola
PIK Mahasiswa adalah mahasiswa yang punya komitmen dan mengelola
langsung PIK Mahasiswa serta telah mengikuti pelatihan dengan
mempergunakan modul dan kurikulum standard yang telah disusun oleh BKKBN
atau pihak lain. Pengelola PIK Mahasiswa terdiri dari Ketua, Bidang
Administrasi, Bidang Program dan Kegiatan, Pendidik Sebaya, dan Konselor
Sebaya.
Khalayak (audience) dari PIK Mahasiswa
ada tiga sasaran, terdiri dari: 1) Sasaran utama (primary target
audience) yaitu seluruh mahasiswa kampus; 2) Sasaran antara (secondary
target audience) yaitu dosen pembina, aktivis mahasiswa,
kelompok-kelompok diskusi, kelompok peminatan, pengurus BEM, dan
lain-lain; serta 3) Sasaran penentu (key target audience) yaitu ketua
jurusan, wakil ketua III bidang kemahasiswaan, ketua/pimpinan perguruan
tinggi, koordinator kopetis wilayah, Dirjen Dikti, Menteri Pendidikan
Nasional dan Menteri Agama.
Berdasarkan latar
belakang tersebut beberapa mahasiswa STMIK Pringsewu mencetuskan PIK
Mahasiswa “DATA UTAMA” STMIK Pringsewu sebagai wadah remaja untuk
berbagi informasi dan konseling terkait TRIAD KRR yang selanjutnya
menjadi UKM PIK Mahasiswa “DATA UTAMA” Dari Kita Untuk Kita Bersama.
Pada
hari Senin (10/10) bertempat di halaman STMIK Pringsewu Kampus
Gadingrejo telah dilaksanakan Launching dan Pengukuhan Pengurus PIK M
“DATA UTAMA” STMIK Pringsewu. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati
Pringsewu (H. Sujadi), Ketua STMIK Pringsewu (Hj. Rita Irviani, M.M), Wakil Ketua I (Elisabet Yunaeti Anggraeni, M.T.I) Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan (Nur Aminudin, M.T.I),
Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, dan Kepala Badan KB dan PP Kabupaten
Pringsewu dr.Hj.Endang Budiati, Bapak Ibu Dosen STMIK Pringsewu.
Komentar
Posting Komentar